WHAT'S NEW?
Loading...

Manfaat dan Khasiat Buah Kluwek

buah kluwek, manfaat kluwek, manfaat buah kepayang
Buah yang satu ini mungkin bagi anda tidak begitu familiar. Dari namanya saja kluwek, warnanya hitam, dan tidak begitu menarik. Akan tetapi, untuk di dunia kuliner, buah ini sangat populer. Jika anda pernah memakan sayur rawon, sayur brongkos, atau sop konro pasti anda baru menyadari, kalau sayur berkuah berwarna hitam itu dihasilkan dari rempah buah kluwek. selain sedap sebagai bumbu masakan, kluwek ternyata juga mempunyai beberapa manfaat loh??
Pohon Kluwek, pohon kepayang
Pohon kepayang/kluwek
Pucung atau juga sering disebut dengan kepayang, keluwek atau keluak adalah tumbuan dari suku Achariaceae (dulu dimasukkan kedalam suku Flacourtiaceae. wikipedia). Kluwek mempunyai batang yang lurus dan tingginya bisa mencapai 60 meter dengan diameter batang mencapai 120 cm. Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan hujan tropika basah dan merupakan tanaman asli yang banyak tumbuh di Asia Tenggara hingga Pasifik Barat, termasuk juga di Indonesia. 

Lalu apa saja kandungan yang dimilikinya? Tanaman kluwek ini memiliki banyak macam kandungan, diantaranya :

  1. Asam sianida konsentrasi tinggi. Inilah mengapa muncul istilah mabuk kepayang. Karena tanaman ini mengandung asam sianida konsentrasi tinggi yang memabukan. 
  2. Mengandung Ion besi
  3. Mengandung Vitamin C
  4. Kandungan Betakaroten
  5. Zat Asam Hidnokarpat
  6. Zat Asam khaulmograt
  7. Zat Asam glorat
  8. Mengandung Tanin

Manfaat dan Khasiat dari buah Kluwek Bagi Kesehatan:

  1. Dapat digunakan untuk antiseptik.
  2. Berkhasiat sebagai desinfektan.
  3. Bermanfaat untuk membersihkan koreng.
  4. Berguna untuk menghilangkan kutu di rambut.
  5. Berkhasiat untuk mengobati penyakit rematik.
  6. Berguna untuk penyakit kulit (gatal-gatal).
  7. Untuk mengobati sakit kudis.
  8. Sebagai obat susah tidur.
  9. Dapat digunakan untuk mempercepat haid.
  10. Bermanfaat untuk obat sakit lepra.
Catatan:
Hati-hati dalam mengkonsumsi tanaman buah kluwak dikarenakan tanaman ini mengandung racun asam sianida berkonsetrasi tinggi maka untuk mengkonsumsinya diperlukan penanganan khusus. Cara mudah untuk mengihilangkan racun asam sianida yang terkandung dalam biji tanaman kluwak yaitu dengan cara di rendam selama beberapa hari setelah itu kemudian direbus untuk menghilangkan kandungan asam sianidanya. 

0 komentar:

Posting Komentar